PENDERITAAN DALAM PACARAN

| Kamis, 21 April 2016



Kali ini saya akan meposting tentang hubungan manusia dengan penderitaan. Sebelum masuk dalam topik kita kali ini, saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan penderitaan. Jadi, apa yang dimaksud dengan penderitaan? Penderitaan adalah suatu keadaan dimana kita merasa disakiti atau ditindas secara fisik maupun mental.

Lalu apa hubungannya manusia dengan penderitaan? Disini saya akan jelaskan hubungan manusia dengan  penderitaan dari video yang pernah saya lihat. Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan pertolongan orang lain. Contoh dari tema yang sekarang diceritakan pada zaman ini adalah pacaran. Pacaran ialah menjalin tali kasih pada seseorang yang kita cinta dan sayangi. Dari jalinan ini tidak hanya cinta kasih saja yang bisa di rasakan, tapi juga penderitaan. Penderitaan yang kali ini dibicarakan berkaitan dengan kekerasan. Kekerasan ini dapat terjadi dari suku, agama darimana saja, tingkat pendidikan tinggi maupun rendah dan tingkat sosial atas maupun bawah. Jika kita menjalin hubungan dengan seseorang kita harus melihat bagaimana seseorang yang menjalin hubungan dengan kita memperlakukan kita. Dari video yang pernah saya lihat, saya menangkap kesimpulan bahwa seseorang yang terlalu protective juga bisa menjadi sebuah kekerasan, karena tidak bisa membebaskan kegiatan yang kita inginkan , mengatur hubungan kita dengan orang lain, bahkan karena terlalu protective dengan mudahnya melayangkan tangannya pada kita. Walaupun protective ini diatasnamakan cinta tetap saja ini sebuah kekerasan menurut saya.

Jadi, bagaimana mencegah kekerasan pada hubungan ini?  Yaitu melatih diri , berani berkata tidak dengan apa yang dikatakan dengan seseorang yang mejalin hubungan dengan kita  jika kita tidak berkenan melakukannya, dan berkomunikasi dengan keluarga serta sahabat, dengan adanya komunikasi dan menceritakan keluh kesah kita dengan orang lain (istilahnya curhat) dapat mencegah kekerasan pada hubungan berpacaran. Karena keluarga dan sahabat dapat menjadi tameng kita
.
Yang salah pada individu yang menjalin hubungan berpacaran adalah tidak berani menolak dengan permintaan yang menjalin hubungan dengan  individu tersebut walaupun dia tidak berkenan, serta tidak adanya komunikasi dengan keluarga dan sahabat. Jadi sebaiknya jika kita ingin menjalin hubungan dengan orang lain kita harus melihat bagaimana seseorang yang menjalin hubungan dengan kita memperlakukan kita. Apakah baik atau buruk. Jika dia mencintai dan mengasihi kita maka perilakunya akan berbeda, pasti dia mau mengerti, dapat memahami diri kita dan juga dapat membahagiakan kita. Tapi dengan adanya  tulisan ini tidak menutup kemungkinan kita untuk tidak menjalin hubungan dengan orang lain ya.

Referensi :
www.raditaryo.wordpress.com 
Video Jaka

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Yuni Nofitasari | Design by btemplatebox.com