HARAPAN PENDENDANG SALUANG

| Sabtu, 07 Mei 2016




Kali ini saya akan meposting tentang Saluang yang merupakan alat musik tiup yang berfungsi mengiringi dendang tradisional Minangkabau dalam tradisi “Saluang – Dendang” Kegembiraan, kesedihan dan kerinduan hati masyarakat dapat diungkapkan melalui pantun “Saluang – Dendang” . Tidak sembarang orang dapat memainkan alat musik sejenis seruling ini. Dalam cerita saluang, terdapat cerita yang berkaitan dengan kasih yang tak sampai. Di dalam cerita, kedua tokoh saling jatuh cinta, akan tetapi ibu dari gadis tidak menyetujuinya karena keadaan laki-laki yang dicintai anaknya tidak sesuai dengan mereka, laki-laki seorang pendendang yang kesehariannya bermain saluang.

Lalu apa hubungannya pendendang Saluang dengan harapan yang dia rasakan? Disini saya akan jelaskan definisi kegelisahan dan harapan itu sendiri.  Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan di dapatkan atau suatu kejadian akan sebuah kebaikan di waktu yang akan datang.

Harapan pendendang Saluang tersebut adalah untuk dapat meminang gadis yang dicintainya.Sesuai dengan kodratnya harapan manusia adalah hak dan kewajiban mencintai dan dicintai.  Akan tetapi apa daya karena dia hanya seorang pendendang saluang yang tidak sesuai atau tidak sederajat  dengan keluarga gadis tersebut.  

Referensi :
www.id.m.wikipedia.org/wiki/harapan
video saluang


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Yuni Nofitasari | Design by btemplatebox.com